JAVA

Sunday, September 15, 2013



    Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer­­. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.  

 Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

adapun aplikasi yang bisa dibuat oleh java :

  1.  Aplikasi Desktop
  2. Games/Mobile Apps

 Pengertian JavaJava adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995.

 Contoh Kode Program Sederhana Dalam Java



Mengapa harus Java ?


Karena java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak. Perangkat lunak yang banyak menggunakan java adalah ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.



Bahasa lain yang tidak kalah populernya adalah C, yang bisa dikatakan sebagai salah satu bahasa pemrograman induk dari berbagai bahasa pemrograman lain. Sebagai bahasa pemrograman induk, sebagian besar bahasa pemrograman lain memiliki syntax yang serupa dengan bahasa ini. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan, belajar bahasa pemrograman C merupakan kunci untuk mempelajari bahasa lain.
 

 Bahasa pemrograman lain yang terlihat tidak terlalu mendominasi pada daftar peringkat bahasa pemrograman populer namun ternyata banyak dibutuhkan di dunia kerja adalah Bahasa PHP. Bahasa ini nampaknya merupakan bahasa wajib yang juga harus dipelajari, seiring dengan perkembangan dunia maya. Hampir seluruh web hosting di dunia support PHP dan MySQL, paduan serasi yang memungkinkan sebuah situs web untuk tampil dinamis.


 Contoh program Halo Kuntilanak yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman 
 Java adalah sebagai berikut: 

Code: 

 

// Outputs "Hello, Kuntilanak!" and then exits
public class HelloKuntilanak {
   public static void main(String args[]) {
       System.out.println("Hello, Kuntilanak!");
   }
}