Membuat Efek Mozaik (Photoshop)

Thursday, December 11, 2014


   Mozaik adalah sebuah foto yang tersusun dari banyak foto, dan efek mozaik ini dapat menjadikan fotomu lebih unik dan beda dari yang lain, berikut adalah tutorial untuk membuat foto mozaik menggunakan Photoshop.

   Hal yang perlu dipersiapkan adalah:

1. Foto-foto yang akan dijadikan Pattern, gunakan sebanyak mungkin foto yang ada. Kamu bisa mendapatkannya dari Internet maupun foto pribadimu.

2. Buat Pattern baru.
   Buka Photoshop dan New File (Ctrl+N), dan kali ini aku membuat dokumen baru dengan width 1200 dan height 1200 px yang akan di isi dengan 10x10 baris foto.




3. Buat Guide Vertikal
   Dengan adanya Vertical Guide akan mempermudah kita untuk menempatkan dan menyeleksi gambar, caranya dengan memilih menu View > New Guide, klik Vertical dan isikan Position 10%. Klik OK.



   Ulangi langkah ini dengan memilih menu View > New Guide sampai terbentuk 10 buah Guide Vertical. Untuk Position kamu isikan kelipatan 10%, jadi ketika tadi kamu isikan 10%, maka guide berikutnya kamu isi 20%, kemudian 30%, 40%, 50% sampai 100%. Setelah selesai akan tampak seperti gambar.



4. Buat Guide Horizontal
   Pilih menu View > New Guide. Klik button Horizontal dan isikan position 10%, 20%, 30%, 40%, 50% dan seterusnya sampai 100%. Setelah selesai akan tampak seperti berikut.



5. Masukkan Foto.
   Pilih menu File > Place, browse lokasi foto yang akan kamu masukkan, klik foto tersebut dan klik tombol Place. Sambil menekan tombol Shift pada keyboard, aturlah posisi gambar tersebut pada kotak guide pertama. Kalo sudah pas, tekan Enter.



   Buat seleksi pada kotak guide pertama menggunakan Rectangular Marquee Tool (atau dengan tekan tombol keyboard "M"), setelah terseleksi, tekan Ctrl-J dan foto yang tadi di seleksi akan membentuk layer baru, kemudian hapus foto yang sebelumnya dimasukkan dengan cara klik Smart Object pada Layer dan tekan Delete untuk menghapus.






6. Ulangi langkah 5 diatas sampai semua kotak guide terisi dengan foto, hasilnya seperti berikut.



7. Define Pattern Mozaik
   Langkah selanjutnya adalah menyimpan pattern yang tadi kita buat dengan cara, pilih Edit>Define Pattern. Pada kolom Name isikan BackGroundMozaik. Klik OK.



8. Masukkan Foto Yang Akan Diedit Dengan Mozaik
   Pilih File>Open untuk membuka foto yang ingin kamu edit, kemudian buatlah layer baru dengan cara tekan Ctrl+Shift+N.



9. Masukkan Pattern BackGroundMozaik
   Klik Layer 1, kemudian pilih menu Edit>Fill. Pada menu Use pilih pattern, pada Custom Pattern, pilih pattern BackGroundMozaik yang tadi telah kita simpan.



10. Finishing
   Desarturate Layer 1 dengan memilih menu Image>Adjustments>Desaturate (atau tekan Ctrl+Shift+U). Ganti blend mode ke Overlay dan atur opacity dan fillnya jika diperlukan. Finish!


Gini nih hasilnya,