Kamu Lebih Dominan Otak Kanan? Atau Kiri?

Wednesday, December 10, 2014

  Otak adalah (menurut versiku) benda intim yang bentuknya seperti usus di kepala manusia, salah satu organ yang paling kompleks dan luar biasa dari tubuh manusia, otak tidak diragukan lagi komponen yang paling penting dari sistem saraf. Beratnya sekitar 1,4 kilogram, mengandung sekitar seratus miliar neuron, atau sel saraf. Otak manusia terdiri dari dua belahan yaitu otak sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan. Dilihat dari bentuknya, kedua sisi otak ini memiliki kemiripan yang hampir sempurna atau bisa dikatakan sisi yang satu merupakan cermin sisi yang lain. Meski pun begitu, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

   Para psikolog mengatakan bahwa orang-orang yang cenderung menggunakan otak kiri lebih bersifat logis, rasional, analitis dan sangat objektif. Dalam melihat sesuatu hal mereka juga lebih terinci atau detail.

   Di sisi lain, mereka yang memiliki pola berpikir yang cenderung menggunakan otak kanan adalah orang-orang yang lebih bersifat intuitif, kreatif, emosional dan subjektif. Dan mereka lebih cenderung berpikir holistik, artinya lebih melihat sesuatu hal secara keseluruhan.

   Kamu udah tau atau memahami sifat kamu berdasarkan penggunaan otak, kira-kira gimana kecenderungan kamu dalam melihat sesuatu hal? Kalau belum, ini ada sebuah gambar yang bisa membantu kamu untuk lebih memastikan, kira-kira kamu termasuk yang mana, cenderung logis atau intuitif.

   Sebagaimana yang kita tahu, manusia mempunyai satu otak besar, yang mana dibagi menjadi otak bagian kanan dan otak bagian kiri. Berikut ini akan aku lampirkan ciri-ciri orang yang karakternya bisa di ketahui berdasarkan fungsi otak ini.

Karakter Orang "Berotak Kiri"

   Subjudul di atas tentunya untuk mereka yang memiliki fungsi kerja otak kirilebih dominan. Beberapa fakta menarik pun di temukan.

   Orang-orang dengan fungsi otak kiri dominan cenderung lebih mengedepankan logika dan fakta. Mereka lebih berpikir rasional daripada emosional. Mereka lebih menggunakan otak daripada hati. Sesuatu yang tidak dapat dijelaskan dengan logis tidak akan dapat menjadi konsumsi pikiran mereka. Singkatnya, hal yang menarik mereka adalah ilmu-ilmu pasti (eksakta).

   Kemudian mereka juga sangat mahir di bidang bahasa; sangat kritis terhadap pilihan kata (diksi) saat berkomunikasi walaupun ketika menyampaikannya dengan tidak seluwes mereka yang "berotak kanan".

   Bagi mereka yang cenderung dengan fungsi otak kiri, biasanya mereka akan tampil dengan rapi, dan cenderung beroriental pada masa lalu dan sekarang. Mereka akan selalu menggunakan masa lalu untuk melangkah ke masa depan.

   Sebagai tambahan, orang yang fungsi otak kirinya lebih dominan cenderung agak kaku karena mereka lebih mengutamakan logika berpikir mereka dibandingkan dengan fenomena sosial yang ada di masyarakat.

Gaya Komunikasi dengan orang berotak kiri

- Berbicaralah seperlunya, Mereka tidak suka kata-kata yang berlebihan.
- Gunakan Sistematika berbicara yang memenuhi persyaratan : Pembukaan, isi dan penutup.
- Sediakan fakta dan data secukupnya.
- Pilih kata-kata yang sesuai dengan topik karena kata-kata ini akan menjadi bahan analisa mereka terhadap kecakapan kita dalam bidang terteentu.
- Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa tubuh
- Gunakan Kerangka berpikir alami..
- Jangan terlalu ceria dalam menyampaikan sesuatu (namun tidak berarti kamu harus cemberut atau sedih --a )
- Beri mereka waktu untuk mencerna apa yang kita katakan.
- Biarkan mereka menanggapi terlebih dahulu baru teruskan kalimat berikut.

Karakter Orang "Berotak Kanan"

   Karakter orang-orang dengan fungsi otak kanan lebih dominan adalah kebalikan dari mereka yang berfungsi otak kiri dominan.

   Jika orang-orang dengan fungsi "otak kiri" lebih mengutamakan otak/rasio, maka mereka yang memiliki fungsi "otak kanan" lebih menggunakan perasaan. Mereka sangat perasa dan lebih suka apabila fungsi-fungsi sosial dalam kehidupan bermasyarakat di utamakan.

   Mereka juga cenderung berorientasi pada garis besar dan imajinasi. Rincian yang sangat rumit tidak akan mendapatkan ruang dalam diri mereka. Mereka lebih suka membicarakan segala sesuatu tentang makro, berbeda dengan orang berotak kiri yang lebih suka pada hal-hal mikro.

   Orang-orang berotak kanan lebih suka pada simbol-simbol atau gambar. mereka lebih cepat belahar melalui media tersebut, kemudian mereka juga berorientasi pada masa kini dan masa depan, apa yang sudah berlalu bagi mereka hanyalah sebuah kenangan yang tidak tidak perlu mendapatkan pertahian utama. Topik yang mereka suka adalah segala sesuatu yang bersifat sosial dan religi.

   Orang dengan fungsi otak kanan dominan biasanya sangat ramah, hangat, namun terkadang temperamental. Mereka dapat menghidupkan sebuah kekakuan dalam situasi tertentu. Mereka menjadi juru kunci penyelesaian pertikaian melalui pendekatan hunaistik yang memang mereka miliki.

Gaya komunikasi dengan orang "Berotak Kanan"

- Imbangi pembicaraan mereka dengan ceria.
- Berbicara topik-topik sosial, bukan eksak.
- Gunakan kata-kata bernuansa humanistik dan sosial.
- Jangan menyodorkan fakta dan data.
- Gunakan kata-kata yang berkaitan dengan perasaan
- Berikan gambaran tentang sesuatu karena mereka dapat membayangkan dengan baik.
- Pujilah mereka dan biasanya mereka akan sangat menyukainya.
- Jangan bicarakan tentang sesuatu yang lampau karena itu hanyalah sebuah kenangan bagi mereka.
- Jangan terlalu masuk ke persoalan mikro dan detil.

Otak Kiri Vs Kanan

   Ada banyak perbedaan antara kedua belahan otak. sifat Orang-orang sangat tergantung pada bagian mana dari otaknya mendominasi sistem saraf. Disebutkan di bawah ini adalah sepuluh poin, masing-masing menyoroti perbedaan antara otak kanan dan kiri.


  • Otak kanan adalah intuitif, berarti itu dipimpin oleh perasaan, sedangkan otak kiri adalah analitis, berarti itu dipimpin oleh pendekatan logis terhadap masalah.
  • Otak kanan cenderung membuat koneksi lateral yang dari informasi yang diturunkan, sedangkan otak kiri cenderung membuat kesimpulan logis dari informasi yang diperoleh.
  • Otak kanan bersifat visual, menekankan pada musik dan pola, sedangkan otak kiri adalah verbal, menekankan pada kata-kata, angka dan simbol.
  • Orang berotak kanan berjuang dengan rumus matematika dan kata-kata untuk mengekspresikan diri, sementara orang-orang berotak kiri yang sangat baik pada menghafal rumus matematika dan juga mengekspresikan mereka cukup baik.
  • Pada orang dengan dominasi otak kanan, keterampilan organisasi yang sangat miskin, di sisi lain orang dengan dominasi otak kiri sangat terorganisir.
  • Orang dengan otak kanan tidak memberikan perhatian terhadap rincian menit, tetapi orang-orang dengan otak kiri cenderung berfokus pada masing-masing dan setiap detail menit dan langkah yang diambil.
  • Ketika diberi tugas perakitan hal tertentu, orang-orang otak kanan akan mulai bekerja segera tanpa membaca instruksi, sementara orang-orang berotak kiri hati-hati akan melalui instruksi dan kemudian mulai bekerja.
  • Ketika orang-orang dengan hak berkomunikasi otak, mereka cenderung membuat banyak gerakan dengan tangan mereka, bertentangan dengan yang orang otak kiri tidak menggunakan gerakan saat berkomunikasi.
  • Otak kanan dirancang untuk mendengarkan ‘bagaimana’ sesuatu yang dikatakan, sedangkan otak kiri dirancang untuk mendengarkan ‘apa’ yang dikatakan.
  • Walaupun orang-orang berotak kanan tidak merasionalisasi hal yang mereka lakukan memiliki kecenderungan untuk mempertanyakan aturan, di sisi lain meninggalkan orang berotak tidak pernah mempertanyakan aturan, sebaliknya mereka siap menerima mereka.
  • Orang dengan otak kanan dominan mengalami kesulitan dalam memprioritaskan hal-hal yang membuat mereka melaksanakan hal-hal terburu-buru pada saat terakhir, sedangkan orang-orang dengan otak kiri dominan berpengalaman dengan perencanaan masa depan yang membuat mereka harus dipersiapkan dengan baik sebelumnya.


   Nah. Sekarang kamu udah mengetahui kan ciri-ciri orang berotak kanan maupun kiri, gimana? mau test kamu termasuk orang berotak kanan atau kiri?
Ikuti kuis-kuis berikut ini:

Kuis untuk menentukan fungsi dominan otak kanan dan kiri.

   Dr.Leo Wollman membuat sebuah quiz untuk menentukan fungsi otak yang mana yang lebih dominan bekerja. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengefektifkan komunikasi antarsesama.

Jawablah pertanyaan berikut dengan Benar (B) atau Salah (S)

1. Berkhayal menghabiskan waktu (...)
2. Aku percaya pada firasatku (...)
3. Aku mengamati opsi-opsi yang ada sebelum membuat keputusan (...)
4. Aku memiliki tujuan spesifik (...)
5. Aku suka dengan Angka (...)
6. Aku rapi dan teratur (...)
7. Aku dapat mengungkapkan diri dengan baik (...)
8. Aku dapat memberitahukan waktu tanpa jam tangan (...)
9. Aku lebih suka bekerja sendiri (...)
10. Aku mudah mengingat wajah (...)
11. Aku suka mengunjungi tempat-tempat baru (...)
12. Aku suka mengambil resiko (...)

SKORING

- Berilah Nilai 3 jika kamu memberikan jawaban Salah (S) pada pertanyaan 1,3,4,5,6 dan 8 dan nilai 2 untuk jawab Salah (S) pada pertanyaan 7,9, dan 10.

- Berilah nilai 3 jika Kamu memberikan jawaban Benar (B) pada pertanyaan 2 dan 11 dan nilai 2 untuk jawab Benar (B) pada pertanyaan 12.

- Kemudian jumlahkan nilai yang telah ada sesuai dengan jawaban.

Analisisnya Sebagai berikut :

Untuk Nilai 23-33
   Kamu adalah orang dengan fungsi otak kanan lebih dominan. Kamu adalah orang yang mengesankan, intuitif, kreatif, tidak sabaran, namun memiliki jiwa sosial yang baik.

Untuk Nilai 11-22
   Kamu menikmati keseimbangan otak kanan dan kiri walaupun memiliki kecenderungan ke kiri yang lebih besar. Kamu akan dapat berfungsi dengan baik dalam hampir semua situasi

Untuk Nilai 0-11
   Kamu adalah orang dengan fungsi otak kiri lebih dominan. Kamu adalah orang yang sangat logis, analitis, teratur, berorientasi tujuan, dan seseorang yang kesepian. Kamu akan menikmati hidup secara lebih baik jika bertemu dengan banyak orang baru dan bercengkerama dengan mereka.

   Selain dengan dara diatas, kamu juga bisa melakukan test secara online di Brain Test, pada situs tersebut klik "Start" dan kamu harus menjawab soal pada situs tersebut secara spontan,

   Dan pada soal pertama kamu akan disuguhi gambar seperti berikut.




   Para peneliti menyatakan bahwa jika Anda melihatnya bergerak searah jarum jam, berarti penggunaan otak kanan anda yang lebih dominan. Sebaliknya, jika anda melihatnya bergerak berlawanan arah jarum jam, berarti anda cenderung menggunakan otak kiri.

   Kebanyakan orang hanya bisa melihat pergerakan wanita tersebut dalam satu arah. Walaupun begitu, ada juga beberapa orang yang dapat melihat kedua arah pergerakan tersebut. Dan kalo kamu salah satu yang bisa melihat kedua arah tersebut, maka kamu adalah orang yang luar biasa, kenapa? karena aku juga bisa, hahaha, becanda doang.