7 Cara Mengamankan Privasi Laptopmu

Tuesday, April 14, 2015


   Bagi aku laptop itu adalah salah satu benda privasi yang sangat penting, karena apa? karena sebagai orang yang menghabiskan hampir 20 jam didepan laptop setiap harinya, aku ngerti banget gimana rasanya kalo tiba-tiba kemasukan virus, terus semua yang aku kerjain, baik itu tugas, kenangan dan berbagai hal penting lainnya bisa hilang, itu bisa buat stress semingguan -_-.
   So untuk menjaga privasi laptop kamu untuk berbagai alasan, baik itu untuk menjauhkannya dari virus ataupun dari orang-orang iseng, aku bakal ngasih tips simple tapi ampuh. 


1. PASSWORD, gunakan bahasa yang ambigu sebagai password laptop kamu, misalnya "APA?" (dengan tanda tanya tentunya), so ketika temen kamu nanyain password laptop, dia bakal mengira kalo kamu confused sama pertanyaan dia, terus kesel dan ninggalin laptopnya gitu aja (semoga dianya ngga maksa, hahaha)

2. EXPLORER, jauhkan shortcut Explorer dari desktop, kebanyakan orang ngga tau cara lain ngebuka Explorer selain dengan ngeklik iconnya dari taskbar, jadi unpin aja Windows Explorernya. cara ini lebih efektif kalo kamu pake windows 8 keatas, soalnya sama sekali ngga ada "My Document" atau "My Computer"nya di start.

tips: shortcut untuk ngebuka windows explorer "Windows+E"

3. MOVIE, hapus semua film dari laptop. soalnya kebanyakan orang yang ngga tau laptopnya harus diapain, bakalsering minta ginian sebagai penghibur.



4. HARDDISK, biarkan harddisk laptopmu full, so ngga ada alasan untuk memindahkan film dari luar dan laptopmu bakalan aman dari ancaman virus yang kebanyakan tersebar melalui flashdisk

5. HIDE, semua hal yang berbau menarik, jika hal itu merupakan sesuatu yang penting bagimu, hide it out

6. GAME, jangan sekali-kali install game, apalagi yang punya efek addictive, tau sendiri kan akibatnya, salahsatunya bisa bikin kamu lupa waktu dan lupa diri, sejenis amnesia gitu, hahaha

7. ON 24 HOURS, 24 jam non-stop didepan laptop, jadilah orang yang sibuk dengan perangkat mungilmu yang satu ini, terserah kamu ingin ngoding atau desain, browsing, game, terserah kamu yang penting memiliki manfaat yang bisa kamu dapatkan setiap harinya, kalo memang main game bisa memunculkan banyak inspirasi untuk tugas akhirmu, kenapa harus ditahan? tapi harus tetap bisa dikontrol ya, ingat alasan utamamu untuk main game adalah mencari inspirasi, so ketika udah dapet inspirasi, start to practice!

   Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan di laptop kamu sendiri, jadikan hanya kamu yang ngerti bener trik-trik kecil yang membuat orang kebingungan, jangan sampe kamu juga ikut bingung, hahaha